Langsung ke konten utama

APA ITU LINUX ???


Linux adalah sistem operasi bersifat free/open source, sehingga siapapun boleh mempelajari source code Linux, memodifikasi ulang, dan mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan. Linux berada di bawah lisensi GPL (General Public License). Linux tidak hanya merupakan kernel, melainkan terdiri dari kernel Linux ditambah sejumlah pustaka yang menyediakan berbagai fungsionalitas plus aplikasi yang digunakan oleh user. Semua komponen tersebut dibalut dengan prosedur tertentu dan membentuk distribusi Linux (atau yang lebih dikenal dengan sebutan distro Linux)

trus kernel itu apaan yach..?

Kernel adalah jantung (core) Sistem Operasi Linux, yakni modul pusat Sistem Operasi. Kernel merupakan bagian Sistem Operasi yang di-load pertama kali saat sistem dihidupkan, dan ia disimpan dalam memori utama. Kernel sendiri memiliki tugas sebagai berikut :
a. Manajemen memori (diantaranya menjaga aplikasi apa yang memiliki suatu bagian dari memori sehingga dua aplikasi tidak akan saling mengganggu data yang dimiliki oleh masing-masing).
b. Multitasking.
c. Komunikasi diantara proses-proses yang berada di dalam sebuah komputer.
d. Menangani multiprosesor pada sistsem-sistem yang memiliki lebih dari 1 CPU.
e. Manajemen proses tugas.
f. Manajemen disk.
g. Manajemen CPU.
h. Menyeleksi program.
i. Menjadwal tugas I/O.
j. Membentuk fungsi accounting dan quota.
k. Mengatur file system secara logis.
l. Mengatur driver yang mengontrol beragam device fisik yang terpasang, dan bagaimana informasi di transfer diantara mereka dan komputer itu sendiri.
m.Mengatur pengalokasian memori diantara berbagai program.
n. Memberikan kapabilitas proteksi dan keamanan sistem.
o. dan lain-lain.

Selain kernel, dalam satu sistem Linux, kita bisa mendapatkan puluhan sampai ratusan bahkan ribuan pustaka dan aplikasi, tergantung pada distro yang digunakan.
Berbagai pustaka sistem tersebut diletakkan tersebar dalam sistem Linux, tidak disimpan didalam direktori program seperti program files di Windows untuk mengurangi redundansi file dan memudahkan proses upgrade.

Kita bisa menemukan pustaka sistem tersebut dibeberapa direktori berikut:
a. /lib :
Pustaka-pustaka yang disimpan di direktori ini sangatlah penting. Kehilangan pustaka di direktori ini akan menyebabkan sistem tidak dapat berjalan.
b. /usr/lib :
Pustaka yang disimpan di direktori ini tergolong penting. Kehilangan pustaka di direktori ini akan menyebabkan banyak program tidak dapat berjalan.
c. /usr/local/lib :
Pustaka yang di-install terpisah oleh user. Kehilangan pustaka di direktori ini akan menyebabkan beberapa program yang di-install terpisah oleh user tidak dapat bekerja.
d. Direktori-direktori lain, terutama di “/opt” :
Tempat dimana program dan file pendukung disimpan di direktori sendiri. Mirip seperti program files di Windows.

ehm sekian dulu yach...... ntar lanjutin lagi.......... ke posting berikutnya...
kalau ada kesalahan mohon maaf masih newbie...

Dhitro

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anda PKWTT Atau PKWT ? Kontrak Atau Tetap

Sempat bingung dengan istilah-istilah PK, PKWT, PKWTT, akhirnya googling dapat juga :)  berikut ulasannya. Secara hukum dikenal 2 (dua) macam Pekerja yaitu Pekerja Kontrak (PKWT) dan Pekerja Tetap atau Pekerja PKWTT/Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu. Pekerja Kontrak diartikan secara hukum adalah Pekerja dengan status bukan Pekerja tetap atau dengan kalimat lain Pekerja yang bekerja hanya untuk waktu tertentu berdasar kesepakatan antara Pekerja dengan Perusahaan pemberi kerja. Dalam istilah hukum Pekerja kontrak sering disebut “Pekerja PKWT”, maksudnya Pekerja dengan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu. Jadi bisa disimpulkan bahwa PKWT itu sebenarnya Kontrak sedangkan PKWTT itu status pegawai tetap. Karena  Berdasar UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan , Pasal 56 yang menyatakan :  1. Perjanjian kerja dibuat untuk waktu tertentu atau untuk waktu tidak tertentu. 2. Perjanjian kerja untuk waktu tertentu sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) didasarkan atas : a. jangka waktu; at

Selamat... Dan Selamatkan

Pak Joko Widodo Yang Terhormat, Saya Ucapkan Selamat Atas Pemenangan Anda Dalam Quick Count Pada Pemilu Presiden Indonesia 2014. Yang Anda Sudah Kumandangkan Dan Team Sukses Anda Sudah Berpesta Pora, Saya Akui Anda Memang Orang Yang Berpegaruh Di Indonesia Ini. Dan Saya Berharap Akan Setiap Ucapan Anda Yang Selama Ini Keluar Dari Lisan Anda Itu Adalah Kebenaran. Saat Ini Saudara Kita Di Jalur Gaza Palestine Membutuhkan Bantuan Kita. Saya Mengutip Dari Debat Beberapa Waktu Lalu Bahwa Anda Perduli Terhadap Palestine. Saya Mohon Dengan Sangat Untuk Saat Ini Walaupun Belum Ada Keputusan Dari KPU, Saya Mohon Dengan Sangat Untuk Menggunakan Elektabilitas Anda Agar Rakyat Indonesia Perduli Terhadap Palestine, Yang Sudah Digempur Habis-habisan Oleh Israel. Yang Saya Harap Semoga Bukan Kata-kata : Itu Bukan Urusan Negara Kita, Saya Kan Belum Menang 100%, Saya Kan Belum Dilantik Dsb... Tidak Keluar Dari Suara Anda Dan Tim Sukses Anda. Dan Jangan Tanyakan Kenapa Hanya Kubu Jokowi Saja? Kubu Prabo

New Avatar, Avatar Kora

Mungkin Teman-teman sudah tak asing dengan nama avatar Aang? nah itu kan udah tamat ya ? kira-kira ada kelanjutannya gak ya? Jawabnya Ada!! , avatar sekuel baru yaitu Avatar Kora , Untuk episode ini ada sedikit perbedaan yang cukup signifikan yaitu avatarnya cewek. :) gak tau apa mungkin kebanyakan penggemar avatar itu cewek kali ya? Jadi sutradara nya meyakinkan dan menjadikan avatar baru ini di ganti jadi cewek. :) BTW selain dari itu ada yang unik di avatar new episode ini, yaitu teknologi dan pengendalian (Api, Tanah, Air, Angin) itu digabung jadi satu, yang baru paling nampak disini ya pengendali apinya, yang tahap lanjutan bisa mengendalikan listrik, nah tenaga listrik ini diberdayakan sebagai pembangkit listrik kota metro. udah ada mobil, para polisi menggunakan pengendalian tanah lanjutan yaitu pengendalian besi untuk lompat kesana kemari layaknya spiderman. Armada perangnya pun sudah cukup keren. Jadi teknologinya sedikit modern dari avatar terdahulu. Selain itu ada juga tu